Hary Tanoesoedibjo Punya Keinginan Bangun Sirkuit MotoGP di Jawa Barat
Hary Tanoesoedibjo, bos MNC Group (Antara)

Bagikan:

Hary Tanoesoedibjo punya wacana untuk membuat sirkuit MotoGP di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Lido, Provinsi Jawa Barat. Proyek ini nantinya akan melengkapi proyek Executive Chairman MNC Group.

Hal tersebut ia ungkapkan setelah sebelumnya mengatakan bahwa dirinya ingin membangun proyek besar berupa taman tematik yang setara dengan Disneyland dan Universal Studio di kawasan yang sama.

"Kami berencana memiliki sirkuit MotoGP. Saya juga berencana pindah ke sana, saya ingin," ungkap Hary Tanoe, Selasa, 2 Maret.

Hary Tanoe ingin membuat sirkuit ini bukan tanpa alasan. Menurut bos MNC Group ini, Sirkuit Sepang yang berada di Malaysia sebagian penontonnya adalah orang Indonesia. Jumlahnya bahkan mencapai 50 persen dari keseluruhan penonton di sirkuit itu.

"Orang Indonesia suka balap motor, sekitar 50 ribu menonton balapan di Sepang Malaysia. Nah, sekitar 50 persennya dari Indonesia," jelasnya.

Oleh karena itu, Hary melanjutkan, ia akan menawarkan pembangunan sirkuit MotoGP di Lido kepada para investor. Tingginya minat masyarakat Indonesia terhadap balap sepeda motor akan menjadi kartu as dalam merayu investor.

MNC Lido City tengah membangun beberapa proyek

Seperti diketahui, MNC Lido City mendapatkan persetujuan dari Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus sebagai KEK Pariwisata. Status tersebut membuat badan usaha dan pelaku usaha di kawasan MNC Lido City memiliki kemudahan dalam hal perizinan, termasuk rencana membangun taman bermain sekelas Disneyland dan Universal Studio.

Badan usaha dan pelaku usaha di kawasan MNC Lido City juga bisa menikmati banyak kemudahan dan fasilitas insentif perpajakan sesuai Peraturan Menteri Keuangan Nomor 237/PMK.010/2020, misalnya diberikannya insentif pajak penghasilan; pajak pertambahan nilai dan pajak penjualan atas barang mewah; bea masuk dan pajak dalam rangka impor; cukai; serta berbagai kemudahan perizinan yang lain.

MNC Lido City saat ini sedang mengembangkan kawasan hunian, komersial, destinasi wisata, dan resort terintegrasi yang memiliki luas 3.000 hektare. Lokasinya ada di Lido, Jawa Barat, berbatasan dengan DKI Jakarta dan Banten.

Berlokasi sekitar 60 kilometer dari Jakarta, MNC Lido City bisa dicapai langsung melalui Tol Bocimi dengan waktu tempuh kurang lebih satu jam dari Jakarta.

Perseroan juga bekerjasama dengan pemerintah untuk membangun transit-oriented development (TOD) sebagai sarana transportasi publik tambahan. Di tengah-tengah MNC World Lido akan berdiri MNC Park, theme park kelas dunia pertama di Indonesia dengan teknologi canggih, menampilkan berbagai wahana, pertunjukan, dan atraksi.

Ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!