Rekomendasi Makanan Khas Sulawesi Tengah Bercita Rasa Segar
Palumara (pesonawisata.sultengprov.go.id)

Bagikan:

Berlibur ke Sulawesi Tengah? Jangan lupa mencoba beberapa kuliner yang khas dari daerah tersebut.

Berlibur ke tempat wisata Sulawesi Tengah kurang lengkap jika tak mencicipi makanan khas Sulawesi Tengah. Ada berbagai jenis makanan yang menggugah selera, beberapa di antaranya diolah dari sagu. Bagi yang penasaran, berikut adalah beberapa contohnya.

Ragam makanan khas Sulawesi Tengah

1.    Onyop

Onyop agak mirip dengan jenang—makanan di Jawa. Hal yang membedakan onyop dengan jenang adalah kuah asam dalam penyajiannya.

Onyop dibuat dari sagu yang diuleni kemudian dikukus. Tekstur makanan ini kenyal. Kuah asam yang digunakan adalah kuah asam ikan dan memberikan rasa asam yang segar pada makanan.

2.    Palumara

Bagi yang menyukai makanan laut atau seafood, palumara adalah kuliner yang harus dicoba, terutama saat datang ke Sulawesi Tengah.

Ini merupakan makanan sejenis sup ikan laut. Ikan yang digunakan adalah jenis ikan yang khas dari Sulawesi Tengah. Ikan tersebu dimasak menggunakan rempah-rempah rahasia yang mampu menggugah nafsu makan.

3.    Lalampa

Makanan ini tergolong camilan atau makanan ringan. Lalampa tak hanya bisa ditemukan di Sulawesi Tengah, tetapi di berbagai daerah di Sulawesi.

Lalampa terbuat dari beras yang dicampur ikan cakalang. Adonan dibungkus dengan daun pisang kemudian dimasak dengan cara dibakar.

4.    Sup Kaledo

Makanan ini memiliki rasa utama asam dan pedas. Sup kaledo berasal dari Kota Palu. Bahan utama untuk membuat makanan ini adalah daging sapi dan sumsum yang direbus sampai menghasilkan kaldu.

Ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!