Indahnya Situs Pokekea Taman Nasional Lore Lindu, Wisata Budaya di Sulawesi Tengah
Situs di Taman Nasional Lore Lindu (pesonawisata.sultengprov.go.id)

Bagikan:

Taman Nasional Lore Lindu di Sulawesi Tengah tak hanya menawarkan kekayaan flora dan fauna, tapi juga wisata budaya, lebih tepatnya kebudayaan kuno. Cagar biosfer ini memiliki situs prasejarah yang cukup misterius, salah satunya adalah situs megalitikum Pokekea.

Wisata budaya di Sulawesi Tengah ini terletak di Lembah Besoa, Kecamatan Lore Tengah, Kabupaten Poso. Kalau ingin travel dari Palu, tempat ini bisa dicapai dengan perjalanan selama sekitar 5 jam. Pemandangan yang disajikan di tempat ini sangat unik dan indah.

Situs Pokekea penuh dengan batu-batu besar yang bentuknya seperti tong. Batu-batu itu tersebar di padang rumput sehingga tampak lebih indah dan mengundang rasa penasaran.

Keunikan Situs Sejarah di Taman Nasional Lore Lindu

Sejumlah batu memiliki hiasan berupa relief. Masyarakat sekitar menyebut batu-batu berbentuk tong itu dengan nama kalamba, sedangkan tutupnya bernama tuatena.

Kalamba bentuknya silinder dengan lubang pada bagian dalam sehingga tampak seperti tong besar. Tingginya bervariasi, yaitu antara 1,5 m hingga 2,7 m, sedankan diameternya antara 1 m hingga 1,8 m.

Batu-batu ini diyakini memiliki dua fungsi pada zaman dahulu, yaitu untuk tempat penampungan air dan sebagai kuburan. Sebagian besar kalamba di situs Pokekea punya ciri khas pada bagian badannya, yaitu garis geometris dan relief wajah manusia.

Selain kalamba, ada pula patung batu berbentuk seperti manusia. Patung tersebut punya ukiran wajah yang khas. Hal serupa tak hanya ada di Pokekea, melainkan berbagai situs megalitikum di sekitar Taman Nasional Lore Lindu.

Ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!