Penyakit Penyebab Meninggalnya Maaher At Thuwailibi Belum Jelas, Polri Imbau Masyarakat Berhati-hati dengan "Hoaks"
Ustaz Maaher At Thuwailibi (Twitter: @ustadzmaaher_)

Bagikan:

Penyebab meninggalnya Soni Ernata atau ustaz Maaher At Thuwailibi adalah penyakit, tetapi tak dijelaskan lebih rinci mengenai jenis penyakitnya. Informasi tersebut diberikan oleh pihak Polri.  

Info tentang jenis penyakit itu pun bermunculan, tetapi masih simpang siur. Menurut Polri, hal tersebut tak bisa dipertanggungjawabkan sehingga masyarakat diimbau supaya tak mudah memercayainya.

"Mengenai meninggalnya yang bersangkutan sudah dijelaskan pihak kepolisian bahwa yang bersangkutan meninggal karena sakit," terang Karo Penmas Divisi Humas Polri, Rusdi Hartono, Selasa, 9 Februari.

"Masyarakat agar tidak mudah memercayai berita-berita yang tidak bertanggung jawab, jika ada keraguan agar bertanya kepada pihak yang berkompeten," tambah Rusdi.

Ancaman bagi penyebar hoaks penyakit Maaher At Thuwailibi

Bahkan, Rusdi juga mengingatkan masyarakat agar tidak ikut menyebarkan berita yang tak berdasar. Hal tersebut bisa menjadi penyebaran informasi bohong atau hoaks yang berujung pidana.

"Dan jangan menyebarkan berita bohong, karena merupakan tindak pidana!" tambahnya.

Sementera, beredar informasi yang menuding penyebab kematian Maaher At Thuwailibi adalah disiksa di rumah tahanan Polri dan mengalami sakit kulit parah. Maaher lalu dilarikan ke Rumah Sakit Polri, tetapi dipulangkan kembali ke rumah tahanan meski kondisinya belum sembuh.

Informasi itu diunggah di media sosial oleh Ade Armando melalui akun Twitter-nya, @Adearmando1, pada Senin, 8 Februari, sekaligus menautkannya dengan akun yang pertama kali menyebarkannya, yaitu Pribumi Bangkit. Dosen Komunikasi Universitas Indonesia (UI) ini menyebutkan kalau hal tersebut adalah fitnah.

"Saya justru dapat kabar bahwa dia meninggal akibat penyakit yang belum bisa saya sebut namanya karena bila ternyata benar akan menjatuhkan nama Maher. Perlu buka-bukaan?" cuit Ade Armando dikutip VOI.

Ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!