Prakiraan Cuaca Hari Ini: Hujan Petir Berpotensi Melanda 14 Provinsi di Indonesia, Berikut Daftarnya
Ilustrasi - Petir menyambar di langit Jakarta, 20 Mei 2022. (Antara/Fauzan/foc/pri)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebanyak 14 provinsi di Indonesia berpotensi dilanda hujan ringan hingga lebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang pada Minggu (14/5).

Dilansir dari laporan BMKG di Jakarta, Minggu, wilayah yang dimaksud, di antaranya Aceh, Riau, Lampung, Jawa Tengah, Yogyakarta, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

BMKG juga melaporkan prakiraan cuaca di sejumlah kota besar di Indonesia, dimulai dari Kota Banda Aceh diprediksi cerah. Sedangkan Kota Pekanbaru dan Pangkalpinang diprediksi berawan.

Kota Medan dan Tanjungpinang berpeluang terjadi hujan dengan intensitas ringan. Kota Bengkulu dan Padang diprediksi berawan.

Sedangkan Kota Jambi diprediksi berkabut. Kota Palembang diprediksi akan terjadi hujan dengan intensitas ringan.

Prakiraan cuaca di kota besar Pulau Jawa, umumnya berawan, di antaranya di Kota Surabaya, DKI Jakarta, Bandung, dan Semarang.

Sedangkan Kota Serang dan Yogyakarta diprediksi terjadi hujan dengan intensitas ringan.

Beralih ke Pulau Dewata Bali dan Nusa Tenggara, Kota Mataram diprediksi berawan, sedangkan Kota Denpasar dan Kupang diprediksi cerah berawan.

Untuk wilayah Kalimantan di Kota Pontianak dan Banjarmasin diprediksi berawan. Sedangkan Kota Palangka Raya dan Samarinda diprediksi terjadi hujan dengan intensitas ringan. Perlu diwaspadai hujan disertai petir di Kota Tanjung Selor.

Untuk prakiraan cuaca di Sulawesi, umumnya berawan, di antaranya Kota Makassar dan Kendari. Kota Palu, Mamuju, dan Manado diprediksi akan terjadi hujan dengan intensitas ringan. Waspadai hujan disertai petir yang berpeluang terjadi di Kota Gorontalo.

Cuaca di Indonesia bagian Timur, diprakirakan turun hujan ringan di Maluku, Papua, Manokwari dan Jayapura. Sedangkan Kota Ternate diprediksi hujan dengan intensitas sedang. Waspadai hujan disertai petir di Kota Ambon.