Elon Musk Pilih India sebagai Salah Satu Basis Produksi Mobil Listrik, Kenapa Bukan Indonesia?
Elon Musk (Instagram @elonmusk)

Bagikan:

Perusahaan mobil listrik milik Elon Musk, Tesla Inc., memutuskan untuk menjadikan India sebagai basis produksi kedua mereka di Asia. Elon Musk bahkan hampir sampai pada tahap akhir menuju kesepakatan untuk melakukan produksi mobil listrik di Karnataka.

Setelah kesepatakan tercapai antara Elon Musk dengan pemerintah India, Tesla memiliki tiga basis produksi mobil listrik, takni di Amerika Serikat, China, dan India. Tesla memilih India, lalu bagaimana dengan negoisasi antara Tesla dan pemerintah Indonesia?

Sebelumnya, Tesla telah mengirimkan proposal ketertarikan investasi kepada pemerintah Indonesia. Hal tersebut dilakukan melalui Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

Terkait hal tersebut, Septian Hario Seto, Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, berkomentar, tapi tak menjelaskannya dengan lebih rinci. Pernyataan Septian tak menjawab persoalan pembatalan rencana investasi Tesla di Indonesia.

"Maaf saya ada non-disclosure agreement (perjanjian yang tidak boleh diungkapkan ke publik). Tidak bisa disclose (ungkap) apa-apa," ungkapnya di Jakarta, Kamis, 18 Februari.

Keunggulan India di bidang investasi dibanding Indonesia

Tauhid Ahmad, Direktur Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), menjelaskan bahwa ada sejumlah aspek yang membuat India lebih menarik dibanding Indonesia untuk menjadi tujuan investasi.

1. Pajak untuk investor asing murah

Tauhid memaparkan bahwa India punya kebijakan pajak murah sehingga menarik perhatian investor. Terlebih lagi, Tesla sudah punya kerja sama dengan perusahaan-perusahaan milik India yang berbasis di Amsterdam.

"India memiliki rezim pajak yang lebih friendly bagi investor asing. Jadi di India bisa menawarkan pajak yang lebih murah. Ini saya kira satu hal yang pertama didapatkan kalau Tesla di India," ungkap Tauhid, Kamis, 18 Februari.

2. Banyaknya ahli di berbagai bidang

India tak hanya punya pasar yang besar, tetapi juga banyak ahli di berbagai bidang. Jauh lebih banyak dibanding Indonesia.

"India memiliki ahli-ahli berkaitan dengan teknologi informasi, ahli di bidang mobil listrik, dia memang memiliki ahli yang jauh lebih banyak dibanding dengan kita. Saya lihat ini (alasan) India punya peluang lebih besar (menarik Tesla berinvestasi). Meski kita memiliki bahan baku dan sebagainya," terang Tauhid.

3. Ekonomi India akibat pandemi lebih cepat pulih

Tauhid mengungkapkan bahwa pemulihan ekonomi India akibat pandemi COVID-19 lebih cepat dibandingkan Indonesia.

"Saya kira itu yang menjadi catatan. Proyeksinya akan tumbuh 7 persen di tahun 2021 itu terbaik. Karena sekarang kan penurunan COVID-19 jauh lebih cepat dibandingkan kita. Meskipun angka COVID-19 mereka lebih tinggi," terangnya.

Ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!