Mensos Tri Rismaharini Cek Kondisi Banjir dan Longsor di Semarang
Tri Rismaharini lakukan peninjauan banjir di Perumahan Tlogosari, Kota Semarang (Antara)

Bagikan:

Tri Rismaharini, Menteri Sosial (Mensos), melihat keadaan masyarakat yang ada di kawasan Perumahan Togosari, Semarang, Jawa Tengah. Kawasan tersebut diketahui masih terendam banjir.

Oleh sebab itu, Mensos meminta petugas BBWS Pemali Juana untuk mengoperasikan semua mesin pompa penyedot air di Sungai Tenggang. Hal tersebut dinilai mampu mengurangi debit air yang merendam Kota Semarang. Ia juga iba dengan keadaan masyarakat yang berlarut-larut terendam banjir.

"Itu pompa tolong dinyalakan semua Pak, ini masih ada genangan, biar cepat surut, terlalu lama ini kasihan warga," terang Tri Rismaharini kepada petugas melalui telepon, Minggu, 7 Februari malam, dilansir Antara.

Berdasarkan penjelasan petugas yang ditelepon oleh Mensos, beberapa mesin pompa penyedot air mati karena sedang didinginkan setelah digunakan. Meski begitu, tambah Risma, mesin tersebut diminta untuk dioperasikan secara maksimal.

"Pendinginan berapa jam? Itu setengah jam cukup. Saya tahu pompa itu seperti apa. Tolong dinyalakan maksimal,Pak," jelas Risma dengan nada mengiba.

BACA JUGA:


Hujan lebat picu sejumlah bencana di Kota Semarang

Risma kemudian juga berbicara melalui telepon dengan petugas BBWS Pemali Juana yang lain dan menerima penjelasan jika pompa di Rumah Pompa Kali Tenggang tidak dioperasikan karena ada pemadaman listrik. Rumah Pompa Kali Tenggang juga tak memiliki genset.

"Sampai berapa hari (tidak dioperasikan)? Masak warga harus begini terus," kata dia.

Saat tiba di lokasi banjir di Perumahan Tlogosari Semarang, Risma mengenakan sepatu boots untuk berjalan membelah banjir. Ia menyusuri genangan air setinggi kurang lebih 30 sentimeter.

Ia juga mendatangi sejumlah dapur umum di kawasan tersebut yang dibuka untuk membantu para korban banjir.

Sebelumnya, Risma juga berkunjung ke lokasi tanah longsor di RT03/RW01 Kelurahan Jomblang, Kecamatan Candisari, Kota Semarang. Banjir dan tanah longsor melanda beberapa wilayah di Kota Semarang karena curah hujan yang tinggi selama beberapa hari terakhir.

Ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!